Tanaman Obat Untuk Asma dan Sembelit – Di nusantara terdapat banyak tanaman obat yang bermanfaat untuk mengatasi sakit asma atau juga sembelit. Masyarakat pedesaan dan pedalaman pada umum nya mengerti akan berbagai tanaman obat yang bisa mereka manfaatkan demi menyembuhkan sembelit dan asma. Hal tersebut bisa dikarenakan masih terbatasnya fasilitas kesehatan dan tenaga medis ahli. Hebatnya.. Tanaman obat lebih bersifat minim efek samping, namun dalam proses penyembuhan nya memerlukan waktu.

Baca Artikel Sebelumnya: Temu Hitam Obat Asma Tradisional Paling Ampuh

Tanaman Obat Untuk Asma dan Sembelit

Tanaman Obat Untuk Asma dan Sembelit

Pertama-tama kita uraikan terbelih dahulu tanaman apa saja yang berguna untuk mengatasi asma. Diantara tanaman obat untuk asma dan sembelit yang bisa dimanfaatkan ialah:

Jahe + Madu (Obat Asma)

Untuk mengatasi asma, kita bisa memanfaatkan herbal jahe yang telah siap diminum bersama madu. Jahe ini bisa menghangatkan tubuh dan mengobati asma secara bertahap. Dengan adanya tambahan madu akan membuat minuman jahe menjadi lebih nikmat. Selain itu.. Asma yang diakibatkan penumpukan lendir bisa diminimalisir bahkan lendirnya sendiri dapat dikeluarkan.

Cara Pembuatan:

Tumbuklah jahe hingga halus. Anda boleh juga mengiris-ngiris jahe dalam potongan kecil, lantas direbus dahulu. Setelah mendidih, silahkan angkat dan tiriskan. Setelah siap diminum.. Campurkanlah madu dan aduk hingga merata.

Bunga Kenanga Kering (Obat Asma)

Tanaman Obat Untuk Asma dan Sembelit yang selanjutnya ialah bunga kenanga kering. Untuk mengobati asma, maka silahkan ikuti tata cara pengolahan nya berikut ini:

  • 3 kuntum bunga kenanga kering.
  • Air putih 200mm.

Cara Pembuatan :

Rebus air putih tersebut hingga mendidih, lalu masukan semua kuntum bunga kenanga kering. Tutuplah wadahnya sampai rapat, diamkan beberapa menit, lalu matikan api nya. Setelah itu.. Diamkanlah dulu hingga dingin. Kalau sudah dingin, minumlah langsung hingga habis. Silahkan diminum setiap hari dengan teratur.

Sari Temulawak (Obat Sembelit)

Temulawak ini memiliki manfaat sebagai antisembelit, diuretik, tonikum dan bakteriostatik. Berbagai manfaat itu diperoleh dari rimpang nya. Untuk membuat ramuan sari temulawak sebagai obat sembelit, maka siapkanlah beberapa bahan berikut ini:

  • Asam jawa secukupnya.
  • Rimpang temulawak secukupnya.
  • Gula merah (jawa) secukupnya.
  • Air putih 200mm.

Cara Pembuatan:

Giling atau iris rimpang temulawak tersebut. Setelah itu, masukan semua bahan yang telah disiapkan kedalam air putih yang telah mendidih. Aduk-aduk hingga gula merah dan asam nya menjadi encer dan menyatu dengan air. Kalau sudah.. Silahkan matikan api nya. Kalau mau diminum, saring terlebih dulu, dan biarkan air nya mendingin sebelum diminum.


Tanaman Obat Untuk Asma dan Sembelit

Diposkan oleh admin dari website obat mengi alami

Advertisements